Monday, September 2, 2013

Pusatnya Konveksi di Lamongan, ya Tritunggal Babat


Sejak puluhan tahun yang lalu, Babat terkenal sebagai sentra konveksi. Tepatnya di Dusun Beton, Desa Tritunggal, Babat Lamongan. Desa yang terletak sekitar 30 km sebelah barat kota Lamongan. Hampir semua rumah di desa Beton Tritunggal ini membuka konveksi; produk buatannya pun bermacam-macam. Ada seragam olahraga, batik, kaos partai, kaos caleg, seragam TPQ/TPA, seragam kantor, pramuka, dan lain-lain. Tiap orang biasanya memilih spesialisasi sendiri-sendiri.

Untuk mencapainya, cukup mudah. Desa Tritunggal terletak di pinggir jalan raya Babat-Lamongan. Di sebelah utara jalan raya. Kalau dari arah Lamongan, setelah lampu merah Pucuk, sekitar 1,5 km sebelah kanan ada showroom bertuliskan sentra konveksi, itulah desa Tritunggal - Babat. Ciri-ciri mudahnya, anda bisa melihat sebuah pohon albasia besar. Nah, masuk ke gang itulah dusun Beton.


Kalau dari Pasar Babat, anda tinggal melaju ke arah Lamongan. Setelah melewati Agrobisnis Babat, pasar Moropelang, sebelah kiri jalan, anda akan menemukan show room konveksi (sebelah pohon Albasia). Masuk saja, dan akan anda temukan pusatnya konveksi seragam sekolah di Lamongan - Jawa Timur.

Salah satu pengusaha konveksi yang sudah puluhan tahun bergerak di bidang seragam sekolah dan kaos partai adalah H. Zaenal Millah. Pemilik WJL Konveksi yang juga akrab dipanggil Abah oleh warga sekitar ini lebih memilih fokus menggarap seragam sekolah. Menurutnya, dari segi pembayaran, seragam sekolah lebih mudah dibanding kaos caleg atau partai.

"Untuk saat ini, pelanggan terbanyak selain di sekitar Lamongan ini ya di Kalimantan Timur, daerah Sangatta," ujarnya. "Sekolah-sekolah di sana tiap tahun sudah pesan ke konveksi kami."[KHO]


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews