Skip to main content

Karyawan Ngambek, Sebuah Tantangan Pengusaha

Salah satu persoalan kecil yang kerap terjadi dalam usaha skala kecil menengan adalah ngambeknya karyawan. Kejadian itu tidak terjadi sesekali, tapi berulang kali. Masalanya pun--kalau dipikir-pikir--juga tidak serius. Urusan sepele. Bahkan, terkadang urusan yang seharusnya menjadi hak pimpinan untuk mengatur job discription. Karyawan bisa ngambek, karena tidak mendapat sebuah tugas tertentu yang diharapkannya. 

Patut dimaklumi kejadian tersebut sering terjadi. Rata-rata karyawan (penjahit) adalah lulusan SD-SMP. Salah satu contoh ialah, penjahit ngambek gara-gara saya membeli sebuah mesin over deck baru. Mesin over deck tersebut memang saya beli guna memebuhi kebutuhan produksi yang terkadang tidak tercukupi dengan kapasitas mesin yang ada. Mesin-mesin yang lama masih bagus dan lancar dipakai. Nah, mesin baru tersebut saya alokasikan untuk seorang karyawan lain (yang lumayan baru--sekitar setahun). Bukan untuk karyawan petugas over deck lama. 

Melihat kejadian itu, si karyawan pemegang over deck lama itu ngambek. Bahkan sampai tidak masuk kerja 3 hari. Saya hanya bisa tertawa kecil melihat kelakuan seperti itu. Butuh kesabaran dan kerendahan hati untuk mengembalikan kebersamaan dalam bekerja yang selama ini terjaga dengan baik. 

Comments

Popular posts from this blog

Mal "Pencetak" Desain Kaos

Kami menyebutnya mal.
Sebuah media untuk "mencetak" desain kaos di kain mentah.Dengan bantuan mal ini, kami menggambar bentuk kaos di kain dengan kapur. Barulah dipotong sesuai bentuk yang digambar oleh kapur._______________________________Garuda Lestari Konveksi7ed7a5a4
0856 4625 2020 wa
0852 1871 5073

Pusatnya Konveksi di Lamongan, ya Tritunggal Babat

Sejak puluhan tahun yang lalu, Babat terkenal sebagai sentra konveksi. Tepatnya di Dusun Beton, Desa Tritunggal, Babat Lamongan. Desa yang terletak sekitar 30 km sebelah barat kota Lamongan. Hampir semua rumah di desa Beton Tritunggal ini membuka konveksi; produk buatannya pun bermacam-macam. Ada seragam olahraga, batik, kaos partai, kaos caleg, seragam TPQ/TPA, seragam kantor, pramuka, dan lain-lain. Tiap orang biasanya memilih spesialisasi sendiri-sendiri.

Untuk mencapainya, cukup mudah. Desa Tritunggal terletak di pinggir jalan raya Babat-Lamongan. Di sebelah utara jalan raya. Kalau dari arah Lamongan, setelah lampu merah Pucuk, sekitar 1,5 km sebelah kanan ada showroom bertuliskan sentra konveksi, itulah desa Tritunggal - Babat. Ciri-ciri mudahnya, anda bisa melihat sebuah pohon albasia besar. Nah, masuk ke gang itulah dusun Beton.

#10. Desain Bendera, Kaos, dan Jaket Partai Hanura

#10. Desain Bendera, Kaos, dan Jaket Partai Hanura